Blogroll

11/06/11

Manfaat buah apel


Apel(Pyrus malus, Linn)
Sinonim := Malus sylvestris, Mill
Familia :Rosaceae
 Nama Lokal :
Apel (Indonesia, Malang), Apple (Inggris), Appel (Perancis);;  
Komposisi :

kandungan kimia : Buah apel (Pyrus malus) selain mempunyai kandungan senyawa pektin juga mengandung zat gizi, antara lain (per 100 gram) : - Kalori 58 kalori - Hidrat arang 14,9 gram - Lemak 0,4 gram - Protein 0,3 gram - Kalsium 6 mg - Fosfor 10 mg - Besi 0,3 mg - Vitamin A 90 SI - Vitamin B1 0,04 mg - Vitamin C 5 mg - dan Air 84 %


Uraian :Buah sangat mudah dijumpai di swalayan maupun pasar pasar tradisional, bahkan juga di pedagang kaki lima yang mangkal di pinggir jalan.didaerh yang dingin apel dapat tumbuh dengan subur. Berbentuk bulat telur dan dihiasi gerigi-gerigi kecil pada tepiannya.Tumbuhan ini di Eropa dibudidayakan terutama di daerah subtropis bagian Utara. kalau apel lokal ,di Indonesia yang terkenal apel yang berasal dari daerah Malang, Jawa Timur. dan  juga apel yang  berasal dari daerah Gunung Pangrango, Jawa Barat.jika di budidayakan didaerah yg mempunyai ketinggian 1200 meter diatas laut,apel dapat tumbuh dan juga berkembang dengan baik.

Apel memiliki batang pohon yang dapat mencapai 7 hingga 10 meter,dan di kategorikan sebagai salah satu mawar2an.Pada usia produktif, apel biasanya akan berbunga pada sekitar bulan Juli. Buah apel yang berukuran macam-macam tersebut sebenarnya merupakan bunga yang membesar atau mengembang sehingga menjadi buah yang padat dan berisi.

Buah apel bisa digunakan untuk pengobatan diabetes melitus

caranya : buah apel ukuran sedang dibelah menjadi 4-5 bagian dan direbus dengan 4 gelas air,biarkan mendidih hingga air berkurang menjadi 2 gelas, diminum pagi dan sore.

dan buah apel yang masih setengah matang juga bisa digunakan untuk obat diare,caranya dengan dimakan seperti biasa.

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda di sini