Blogroll

09/06/11

Mangga

Ciri-ciri fisiknya adalah seperti berikut:
•Daun
Berwarna hijau, berselang-seling, dan mempunyai bentuk lonjong, dengan panjangnya sebanyak 15-35 cm dan lebarnya 6-16 cm. Ketika muda, warnanya jambu merah-jingga, tetapi berubah dengan cepatnya menjadi merah tua berkilat, dan kemudiannya hijau tua ketika matang.
•Bunga
Berbentuk bulir ujungnya, dengan panjang 1-0,4 cm. Ukuran bunga kecil dan berwarna putih, dengan lima kelopak yang panjangnya 5-10 mm. Bau bunga ini sedikit harum seperti bau bunga lili. Setelah kelopak bunga rontok, buahnya akan matang setelah 3-6 bulan.
•Buah
Apabila masak, buah ini terjuntai-juntai dari dahan dengan tangkai yang panjang. Ukuran buahnya antara 10-25 cm panjangnya, dan 7-12 cm diameternya. Beratnya hingga 2.5 kg. Warna buah yang masak berbeda-beda antara warna kuning, jingga, atau merah pada bagian yang menghadap ke matahari, dan warna kuning pada bagian yang teduh. Warna hijau biasanya menunjukkan bahwa buah itu masih belum masak, tetapi ini bergantung kepada kultivarnya. Apabila masak, buah ini memberi bau damar yang sedikit wangi.
•Biji
Satu biji tunggal yang leper, dan berbentuk empat segi panjang, dengan ukuran panjang 4-7 cm, lebar 3-4 cm, dan lebar 1 cm. Bergantung kepada kultivarnya, biji ini berserabut atau licin pada permukaannya. Tebal kulit biji 1-2 mm dan di bawah kulit ini, terdapat satu lapisan tipis seperti kertas yang melingkupi biji tersebut.
Manfaat mangga untuk terapi antara lain :


1.Desinfektan tubuh
2.Pembersih darah
3.Menurunkan panas badan
4.Menghilangkan bau badan
Mangga paling baik dimakan sebagai buah segar. Buah ini mengandung gula dan sedikit asam. Mangga mengandung sejumlah asam galat yang baik bagi isi saluran pencernaan. Sangat baik untuk desinfektan tubuh sehingga melindungi tubuh dari serangan infeksi. Mangga dianggap mampu membersihkan aliran darah dan mengurangi kelebihan panas badan. Selain itu mangga juga baik untuk menghilangkan bau badan.
Kandungan : vitamin C, karoten dan flavonoid yang tinggi dapat berfungsi sebagi antioksidan, salah satunya ádalah untuk mencegah kanker.
Khasiat : buah mangga yaitu obat asma, bronkitis, sesak nafas dan influenza berat.



sumber : http://pelajaranaq.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda di sini