Blogroll

16/04/11

Faktor resiko kanker

Kanker adalah satu penyakit yang umum di abad kita ini.dan orang yang lansia memiliki resiko kanker yang lebih besar dari orang yang lebih muda.dizaman sekarang technologi telah berkembang dengan cepat,sehingga beberapa penyakit lebih mudah didiagnosis.dizaman dulu bukannya kanker beluma ada, hanya saja keterbatasan ilmu dan technologi membuat kanker tidak diketahui.

Peningkatan jumlah penderita kanker juga besar di pengaruhi gaya hidup manusia.dimana kehidupan telah berkembang sedemikian drastis,paparan radiasi baik dari telepon seluler,radio,komputer,televisi telah dituduh menyebabkan resiko kanker.

Resiko kanker dapat menyerang siapa saja baik dari kalangan ekonomi rendah maupun atas,namun ada beberapa faktor yang dapat menambah resiko kanker itu, diantaranya :

1.Adanya kecenderungan genetik terkena kanker

Pada sebagian besar pasien, penyebab kanker bersifat sporadis yaitu hasil akumulasi progresif mutasi genetik atau perubahan epigenetik seumur hidup. Hal ini disebut mutasi somatik, yang hanya memengaruhi jaringan tertentu. Pada sebagian kecil lainnya, kanker disebabkan adanya cacat gen warisan. Beberapa orang dilahirkan dengan mutasi gen yang diwariskan dari ibu atau ayah mereka. Gen cacat yang umumnya adalah gen supresor tumor ini menjadikan mereka rentan terkena kanker.

2.merokok

Merokok sungguh sangat merugikan dan juga meningkatkan resiko kanker , terutama kanker rongga mulut, pangkal tenggorokan, kerongkongan, kandung kemih, lambung, ginjal, leher rahim, dan pankreas.rokok memilki lebih dari 400 bahan kimia yang berbahaya dan juga terdapat zat karsinogen ( zat yang dapat menyebabkan terjadinya kanker )

jadi... masihkah anda menyukai batang pembunuh itu ?

3.obesitas ( kelebihan berat badan )

orang yang memilki berat badan yang berlebih memiliki resiko kanker yang tinggi. Para ahli telah menyimpulkan bahwa kanker kolon, payudara, endometrium (lapisan rahim), ginjal, dan esofagus berhubungan dengan obesitas. Beberapa studi telah juga melaporkan hubungan antara obesitas dan kanker kandung empedu, ovarium, dan pankreas.

4.berusia diatas 55 tahun

Kanker dapat meningkat resikonya apabila seseorang bertambah usia.dikarenakan perkembangan kanker yang lambat sehingga terkadang tidak terdeteksi.dan kanker baru diketahui pada saat kanker mengalami stadium lanjut.kanker dapat berkembang tanpa diketahui oleh penderita itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda di sini