Blogroll

10/04/11

Pengganti susu

Kalau Anda tergolong orang yang tidak suka susu, mungkin Anda perlu mengkonsumsi produk olahan susu setiap harinya.

Ahli Gizi RSCM, dr. Fiastuti Witjaksono, MS,Sp.GK mengatakan, "Kurangnya konsumsi susu akan menyebabkan tulang rapuh mulai usia 50-an. Di usia dewasa apalagi, susu sangat penting untuk pembentukan tulang padat, karena susu adalah sumber kalsium yang terbagus."

Bahaya lain tidak suka minum susu adalah dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Susu mengandung protein hewani dengan asam amino yang lengkap, yang fungsinya membentuk tubuh. Tak hanya itu, susu juga mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

"Kalau tidak suka susu, harus mencari produk olahan susu. Minimal harus dikonsumsi per hari dengan takaran 1 gelas susu," kata dr. Fiastuti di Jakarta (26/3).

Produk olahan susu contohnya spageti, es krim, tiramisu, lasagna, dan biskuit susu. Kalau takut gemuk, dr. Fiastuti menyarankan untuk mengkonsumsi produk olahan susu yang non-fat atau low-fat.

"Susu tidak membuat gemuk bila dikonsumsi sesuai aturan. Yang buat gendut itu adalah gorengan dan konsumsi gula berlebihan," tambah Fiastuti.

Bagaimana dengan susu kedelai dan kacang hijau? Apakah bisa mengganti kandungan kalsium seperti susu? Menurut dr.Fiastuti, susu kedelai dan kacang hijau mengandung protein nabati bukan hewani. Jadi otomatis, makanan tersebut tidak bisa mencukupi kebutuhan protein hewani dalam tubuh.

Namun, protein nabati tetap diperlukan juga oleh tubuh. Lebih lagi jika dikonsumsi seimbang dengan protein hewani. Pasalnya fungsi protein dalam tubuh akan optimal, seperti membentuk hemoglobin, mengganti sel yang rusak, menghasilkan enzim, membentuk darah, dan sebagainya.

Dirinya pun menambahkan, ibu hamil sangat penting untuk menkonsumsi susu tiap hari. Bila tidak, pertumbuhan bayi tidak akan optimal. Perlu diwaspadai untuk ibu hamil kelompok vegetarian, susu dan telur harus tetap dikonsumsi.

Untuk membiasakan konsumsi susu, anak perlu dikenalkan sejak dini.

sumber : http://intisari-online.com/home/read/441/tak-ada-susu-pengganti-pun-oke

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda di sini