Blogroll

12/04/11

Kenalilah kanker prostat

Prostat adalah kelenjar yang terdapat di bawah kandung kemih pria. adapun fungsi utama prostat adalah memproduksi sebuah cairan yang melindungi dan juga menyalurkan sperma.

yang sering prostat membesar secara bertahap setelah seseorang berusia 50 tahun. Pada usia 70 tahun, 80% golongan pria memiliki prostat yang membesar. Banyak pria lansia yang mengalami masalah buang air kecil karena disebabkan pembesaran prostat (non kanker). namun pada beberapa pria, pembesaran prostat ini ternyata diikuti juga oleh tumbuhnya kanker.
Kanker Prostat

Kanker prostat akan terjadi apabila sel-sel prostat tumbuh lebih cepat dari kondisi normal sehingga membentuk benjolan atau juga tumor yang ganas. jenis kanker ini paling umum terjadi pada pria, terutama pada usia di atas 65 tahun.
apa penyebab kanker prostat ?

Seperti halnya jenis jenis kanker yang lain, penyebab kanker prostat inipun tidak diketahui. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker tersebut:

*Faktor usia. Kebanyakan kasus terjadi pada pria usia lanjut.

*Riwayat keluarga atau faktor keturunan. Bila ayah atau saudara anda terkena kanker prostat pada usia relatif muda (di bawah 60), risiko Anda lebih tinggi. Juga bila saudara perempuan Anda terkena kanker payudara.

*Suku bangsa. Pria dari asia ternyata memiliki risiko lebih rendah dibandingkan pria kulit hitam atau kulit putih.
Gejala kanker prostat

Pertumbuhan sel kanker prostat seringkali sangat lambat, bahkan bisa tidak menimbulkan gejala sama sekali selama bertahun-tahun. namun dengan semakin membesarnya kanker, keluhan mulai muncul dikarenakan desakan pada uretra yang menimbulkan iritasi atau menyumbat aliran air seni. Gejala yang timbul antara lain:

*Air seni tidak lancar. Aliran urin lemah dan butuh waktu lebih lama untuk menuntaskan kencing.

*Penundaan. Seseorang biasanya perlu menunggu waktu hingga mengalirnya air seni.

*Tetesan. keluarnya air seni selang setelah selesai buang air seni..

*Frekuensi. lebih sering kencing daripada biasanya.

*Urgensi. adanya rasa kebelet yang datangnya tiba tiba.

*Kurang tuntas. Timbulnya perasaan kurang tuntasnya senia anda.

Catatan: semua gejala di atas banyak dirasakan pria lansia. Kebanyakan mereka yang merasakannya hanya terkena pembesaran prostat non-kanker. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk memastikannya.

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda di sini